Cina tradisional View Of A Gaya Hidup Sehat

Cina tradisional View Of A Gaya Hidup Sehat

Apa Budaya Gaya Hidup Sehat?

Budaya gaya hidup sehat telah menjadi aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan Cina selama ribuan tahun. Budaya ini menemukannya akar dalam pengalaman dan tingkat mendalam pemahaman yang ada dalam filsafat Cina dan cita-cita medis Cina yang mengelilingi tubuh manusia.

Dasar Kesehatan Cina dipandang sebagai pendekatan sistematis untuk mempelajari hubungan antara manusia dan alam, menekankan sistem yang berbeda yang ada dalam tubuh dan keseimbangan yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh yang sehat.

Dalam pemikiran Cina ada juga aspek penting mengenali penyakit atau ketidaknyamanan melalui keseimbangan atau ketidakseimbangan "Qi" (pr. Chee), yang dapat dipahami sebagai "Life Energy". Ada dua jenis Qi, Qi sehat atau Zheng (pr jung.) Qi, dan berbahaya Qi atau Xie (pr dia-ay.) Qi; Zheng Qi dapat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan adalah sesuatu yang ada dalam; Xie Qi dapat berhubungan dengan penyebab penyakit dan ketidaknyamanan dan ada tanpa. Dengan ini, muncullah ide penting dari pengobatan pencegahan atau "menghentikan penyakit sebelum onset".

Dalam Budaya Kesehatan Cina salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan adalah melalui keseimbangan dan konektivitas dari pikiran, jiwa, dan tubuh. Ide ini, ketika diambil satu langkah lebih jauh, membuka kita untuk mengenali hubungan antara kaya alam semesta dan manusia.

Holistik

Ribuan tahun yang lalu, di Cina kuno, orang sudah mulai melihat efek dan reaksi yang ditimbulkan pada tubuh manusia dari pengaruh luar; ini adalah awal dari sudut pandang holistik untuk kesehatan. Pada saat ini, orang dahulu Cina telah dimulai di jalan panjang mengumpulkan rahasia untuk hidup sehat dimana mengembangkan dasar Budaya Gaya Hidup Sehat. Cina sudah mulai bergerak menuju pandangan holistik terstruktur hubungan antara kehidupan manusia dan alam semesta.

The Yellow Emperor, atau "Huang Di", adalah satu orang di Cina Kuno yang terkenal sebagai seorang yang banyak penemuan dan ayah dari budaya kesehatan. Dia adalah orang yang rendah hati dan rajin dan menemukan banyak alat yang berguna yang sangat canggih untuk hari dan usia. Legenda mengatakan bahwa Huang Di menemukan keranjang kompas didorong yang memainkan peran besar dalam kesatuan dua suku asli, yang untuk kemudian menjadi nenek moyang orang-orang Cina. Setelah bertahun-tahun dan dengan bantuan banyak sarjana, Huang Di menyelesaikan pekerjaan pertama dalam budaya kesehatan Cina.

Karya ini didasarkan pada cita-cita hubungan antara manusia dan alam semesta secara keseluruhan. Hal ini disampaikan dari point-of-view dari "Yin Yang" yang (pr. Yeen Yahng), teori Cina semua mencakup keseimbangan universal, dan Wu Xing (pr. Woo Shing), interaksi antara lima elemen alam untuk menciptakan keseimbangan , dua cita-cita ini merupakan alat yang digunakan dalam pencapaian kesehatan yang baik dalam pemikiran Cina. Dengan memetakan organ yang berbeda dalam tubuh manusia dan menyusun saluran Qi, Huang Di menciptakan sebuah karya konsep kesehatan yang telah digunakan dan ditingkatkan selama ribuan tahun.

Untuk memahami terbaik pengertian belakang budaya kesehatan Cina pertama kita harus mulai dengan memahami efek alam pada kesehatan manusia. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan memahami konsep Yin Yang dan Wu Xing.

Dunia Menurut Yin Yang

Yin Yang menggambarkan bagaimana Cina kuno melihat dunia sebagai mengandung keseimbangan yang sempurna dari kekuatan yang berlawanan. Mereka percaya bahwa penyatuan berlawanan adalah hukum perubahan dalam segala hal. Budaya kesehatan tradisional Cina melihat Yin Yang sebagai aspek dasar gerakan energi kehidupan, ketika Yin Yang adalah dalam keseimbangan tubuh sehat.

Hal ini layak untuk menunjukkan di sini ide keseimbangan dalam pemikiran Cina. Keseimbangan, dalam konteks ini, tidak harus bingung dengan ide keseimbangan di Barat. Keseimbangan yang diungkapkan di sini kadang-kadang dicapai melalui kontradiksi dan tidak melalui harmoni. Ini pencapaian keseimbangan di alam, dan bahkan dalam kesehatan manusia, adalah melalui kekuatan yang berlawanan, yang mungkin dalam keadaan istirahat.

Dalam dunia sekarang ini, dan karena serangan kebiasaan buruk dan bahaya lingkungan, kita dibombardir dengan penyebab penyakit dan ketidaknyamanan, kesehatan kita sedang terus-menerus ditantang. Budaya Cina Gaya Hidup Sehat dapat membawa kita ke sumber daya pengetahuan yang dapat mengajarkan kita bagaimana untuk menjaga kesehatan jiwa, pikiran, dan tubuh.

Ide dari Yin Yang

Konsep awal dari Yin Yang mengadakan keseimbangan antara abstrak dan konkret, ambil misalnya matahari; daerah yang menerima sinar matahari akan dianggap sebagai "Yang"; daerah yang tidak menerima sinar matahari, atau daerah-daerah teduh, akan dianggap sebagai "Yin". Kemudian, dari waktu ke waktu, fenomena lain yang diakui seperti; Musim panas dibandingkan musim dingin, naik dibandingkan bawah, kiri dibandingkan kanan, di dalam dibandingkan luar, dan tindakan terhadap sisanya.

Ketika para filsuf klasik dimaksud fenomena alam mereka akan menjelaskannya dari konsep Yin Yang. Mereka dianggap semua aspek alam sebagai yang ada dalam kekuatan yang berlawanan, positif dan negatif, hidup dan mati.

Divisi Yin Yang

Ulama dari Yin Yang percaya bahwa dunia adalah seluruh bahan yang dihasilkan dari penyatuan kekuatan lawan dari Yin Yang. Yin Yang merupakan interaksi dan penyatuan sifat menentang. Pada saat yang sama, sifat-sifat Yin Yang dalam fenomena fisik juga dibagi, misalnya; siang hari sebagai Yang, dan malam hari sebagai Yin. Ketika berbicara dari divisi siang dan malam, pagi dianggap 'Yang dalam Yang', sore adalah 'Yin dalam Yang', dari tengah malam hingga tiga di pagi hari 'Yin dalam Yin', dan dari tiga sampai enam di pagi 'Yang dalam Yin'.

Adalah penting untuk menyadari bahwa ada perpecahan dari Yin dan Yang dalam Yin Yang yang berlangsung tanpa henti. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa semua fenomena, fisik dan non-fisik, dalam alam semesta dapat dikategorikan dalam Yin Yang. Selain itu, seperti yang kita lihat divisi waktu, segala sesuatu dalam satu kategori Yin atau Yang dapat sub-dikategorikan ke dalam divisi lebih halus dari Yin dan Yang. Kejadian ini secara luas terlihat di seluruh alam.

Properties dari Yin Yang

Dalam kebanyakan kasus, luar atau ke atas gerak atau tindakan, kehangatan dan panas, cahaya dan pencahayaan semua fitur dari Yang, sedangkan ke dalam atau ke bawah gerakan atau tindakan, dingin atau dingin, dan gelap semua fitur dari Yin.

Ketika berbicara dari sudut pandang gaya hidup sehat, jika tubuh manusia menunjukkan sifat-sifat tindakan atau gerak, kehangatan, kegembiraan, atau sesuatu yang serupa, itu dianggap termasuk dalam kategori dari Yang. Namun, jika sifat-sifat pembatasan, kelembaban, atau menahan diri hadir mereka termasuk dalam kategori Yin. (Catatan: properti ini harus dipahami secara abstrak.)

Hal ini penting untuk dicatat bahwa cita-cita Yin Yang hanya dapat diterapkan untuk hal-hal dengan sifat umum, hal-hal yang memiliki koneksi umum, atau satu objek yang memiliki dua aspek. Jika hal-hal dalam pertimbangan tidak memiliki koneksi umum atau tidak dapat dilihat sebagai pasangan maka cita-cita Yin Yang tidak bisa berlaku.

Aplikasi Yin Yang

Fungsi fisik tubuh manusia

Dalam ranah Yin Yang, dianggap bahwa hasil dari keseimbangan, atau harmoni, antara dua kekuatan yang berlawanan dicapai melalui kegiatan kehidupan sehari-hari normal. Ketika berbicara tentang fisik terhadap kekuatan energi, fisik akan dikategorikan sebagai Yin dan energi Yang, dalam aspek Yin Yang dua ini dianggap sebagai kekuatan yang berlawanan.

Aktivitas kehidupan manusia normal dianggap sebagai dasar dari materi fisik, tanpa aktivitas fisik tidak akan ada energi yang dihasilkan, karena itu tidak ada sehingga materi fisik yang mempromosikan proses metabolisme terus menerus. Jika ada pembagian Yin Yang atau jika Yin Yang tidak dapat mempertahankan unifikasi, harus menghasilkan penghentian hidup.

Dalam Cina klasik "Su Wen" ada tertulis, "Jika manusia mampu untuk mencapai keseimbangan di Yin Yang, tubuh akan menjadi kuat dan sehat, pikiran akan menjadi tenang dan damai, namun jika ada pemisahan Yin Yang orang tersebut akan mati. "

Tubuh dan Penyakit

Dalam tubuh manusia dan sekitarnya, fisik dan fisik, energi dan energi, dan fisik dan energi semua harus menjaga keseimbangan; mereka semua harus menjaga keseimbangan Yin Yang. Ini adalah dasar dari kesehatan dan cara untuk mempertahankan aktivitas fisik yang sehat.

Kekuatan Yin Yang saling tergantung; mereka mempertahankan dan membatasi, kenaikan dan penurunan. Akibatnya, ketika Yin Yang keluar dari penyakit keseimbangan hadir.

Terjadinya penyakit adalah terkait dengan aspek sehat dan berbahaya Qi. Qi sehat mengacu pada seluruh struktur dan fungsi tubuh, termasuk pertahanan bahwa tubuh memiliki terhadap penyakit; sistem kekebalan tubuh. Berbahaya Qi, atau Xie Qi, mengacu pada setiap faktor yang menyebabkan penyakit. Sifat-sifat yang sehat Qi dan berbahaya Qi juga dapat dikategorikan oleh Yin Yang. Qi sehat dibagi menjadi Yin dan Yang Qi Qi; berbahaya Qi dibagi menjadi Yin dan Yang Xie Xie.

Proses penyakit adalah perjuangan antara Zheng Qi dan Xie Qi, atau sehat dan berbahaya Qi. Hasilnya adalah ketidakseimbangan Yin Yang mana baik Yin atau Yang mungkin lebih atau kurang. Tidak peduli seberapa kompleks penyakit, kompleksitas tidak melampaui kelebihan atau kekurangan Yin atau Yang. Oleh karena itu, jika satu keinginan untuk menghindari penyakit dan tetap sehat, mereka harus menggunakan semua cara yang mungkin untuk mempertahankan keseimbangan Yin Yang, dimana mencapai tingkat tertinggi Gaya Hidup Sehat.

Apa Yin Yang Balance?

Semua fenomena di alam adalah hasil dari kesatuan dan keseimbangan Yin Yang. Tubuh manusia tidak hanya perlu menjaga keseimbangan Yin Yang dalam, juga harus beradaptasi dengan Yang Yin lingkungan itu menemukan diri di. Alam fisik, seperti tubuh manusia, adalah dalam gerakan konstan dan perubahan. Tubuh fisik terus menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungannya. Gerakan penting dalam tubuh harus merasakan mendukung dan menahan efek dari sekitarnya; cuaca, ketinggian, dan perubahan musim, yang akan memiliki pengaruh langsung pada gerakan organ tubuh dan fungsi. Jika tubuh mampu membuat penyesuaian yang tepat untuk lingkungan dan beradaptasi dengan benar, itu akan tetap dalam kesehatan yang baik. Namun, jika perubahan di lingkungan mengalahkan kemampuan tubuh untuk beradaptasi, atau jika tubuh terlalu lemah atau lemah, kemampuan untuk menyesuaikan dengan benar hilang dan di sana akan ada ketidakseimbangan dalam Yin Yang yang akan menyebabkan penyakit. Hal ini penting untuk mendapatkan pemahaman yang baik dari hukum perubahan alam untuk mencapai kesatuan keseluruhan yang dibutuhkan dan keseimbangan yang akan mengarah ke kesehatan secara keseluruhan.

Hukum Keseimbangan antara surga dan Man

"Surga" mengacu pada lingkungan alam; "Man" mengacu pada tubuh manusia. Ide di balik Keseimbangan antara Surga dan Man mengungkapkan hubungan yang kuat yang ada antara alam dan manusia. Semua perubahan dan gerakan alam akan memiliki beberapa efek, langsung atau tidak langsung, pada tubuh manusia.

Jika, selama gerakan musim, ada terjadi fenomena cuaca jarang; dingin selama musim semi, kehangatan selama musim dingin, kemarau panjang, atau hujan lebat, mereka semua akan memiliki beberapa efek pada tubuh manusia. Satu-satunya cara bagi tubuh untuk menjaga kesehatan yang baik adalah dengan beradaptasi dengan perubahan alam sekitarnya.

Dengan demikian, orang dahulu menggunakan prinsip-prinsip yang mendukung dan membatasi, atau positif dan negatif, Yin Yang untuk mewakili dan menjelaskan alam sekitarnya dan perubahan iklim. Dimana, menunjukkan perubahan dari Yin Yang dan perubahan dari musim sebagai prinsip dasar dalam proses adaptasi; jika seseorang menginginkan kesehatan dan umur panjang penting untuk mematuhi prinsip-prinsip alam.

Dunia Menurut Wu Xing

Wu Xing, atau Lima Elemen, adalah; logam, kayu, air, api, dan tanah.

Cita-cita yang terkandung dalam Wu Xing, atau Lima Elemen, menjelaskan struktur dunia. Di Cina, Wu Xing, seperti rekan Yin Yang, telah membuat kontribusi besar dalam studi Gaya Hidup Sehat.

Ide utama di balik Wu Xing tidak begitu sederhana untuk mengatakan bahwa semua hal dapat dibagi menjadi lima kategori yang terpisah. Sebaliknya, Lima Elemen ada dalam undang-undang yang saling mendukung, dan menahan diri, dan digunakan untuk menjelaskan hubungan antara sistem yang kompleks dan objek material. Hal ini atas dasar ini bahwa ide kelengkapan dan penyesuaian diri bersatu dinyatakan. Melalui penyesuaian Wu Xing fungsi tubuh diperkuat, sehingga fungsi individu untuk mempertahankan atau memulihkan kondisi normal, hasilnya adalah tujuan gaya hidup sehat kesejahteraan dan umur panjang.

Ide dari Wu Xing

Wu Xing adalah konsep gerak lima elemen dasar tertentu dan dilihat sebagai perpanjangan dari Yin Yang. Orang dahulu dikonseptualisasikan Wu Xing gerak hidup sebagai "logam, kayu, air, api, dan tanah", lima elemen dasar. Dalam alam, lima elemen ini memiliki berbagai jenis serikat, yang setelah pengamatan dekat mereka menemukan asosiasi saling "dukungan dan pembatasan", yang mereka terus mengembangkan dan memperluas. Mereka melihat bagaimana unsur-unsur yang saling terkait melalui dukungan terus-menerus dan pembatasan menyebabkan mereka untuk mencapai dan menjaga keseimbangan.

Properties dari Lima Elemen

Kayu: Orang dahulu melihat pola pertumbuhan pohon sebagai ke atas dan keluar dengan cabang tumbuh melengkung dan lurus. Mereka diakui mereka sebagai menampilkan penggunaan dan sifat pertumbuhan dan ekspansi ke atas.

Api: Orang dahulu melihat api sebagai memiliki karakteristik panas dan meningkatnya gerak. Mereka mengakui ini sebagai penggunaan dan sifat panas dan kenaikan.

Tanah: Orang dahulu melihat tanah sebagai memiliki penggunaan menabur, penanaman dan pemanenan. Oleh karena itu mereka diakui sebagai unsur pertumbuhan, mampu menanggung berat badan, dan dapat menerima. Seperti dalam ucapan; "Semua hal yang kembali ke bumi", dan "bumi adalah ibu dari segala sesuatu".

Logam: Orang dahulu diakui logam sebagai memiliki sifat dan penggunaan kemurnian, dan menahan diri.

Air: Orang dahulu diakui air sebagai memiliki sifat dan penggunaan dari air, dingin, dan gerakan ke bawah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar