Temazcal Di Oaxaca

Temazcal Di Oaxaca

Curandera Dona Mariana bini sambil mengontrol tubuh Anda dengan peletakan air di atas batu panas, sebagai berkelok-kelok misterius dari berbagai karangan bunga herbal puncak rasa penciuman. Penyembuh tradisional, atau dominatrix menyenangkan? Dia metodis swats hampir setiap inci tubuh Anda, dan masing-masing anggota badan, dengan berbagai tingkat ketegasan dan tekanan, namun sangat lembut sehingga untuk meyakinkan Anda tentang perintah nya atas proses dan tujuan: relaksasi, peremajaan dan penyembuhan: "Que salga el mal ; que entre el bien, "dia cajoles. Keluar dengan buruk; dengan baik.

Mariana Emilia Arroyo Cabrera adalah temazcalera, ahli dalam ilmu pra-Hispanik kuno dan upacara temazcal. Jantung temazcal adalah masuk ke dalam ruang gelap yang penuh dengan uap dan pilih tanaman aromatik dan rempah-rempah, dan yang hati-hati dipandu melalui tahap ritual oleh orang yang telah belajar fungsi, efek dan prosedur melalui tahun pelatihan.

Temazcal adalah mirip dengan Iroquois pondok keringat yang banyak dari kita telah mendengar dan membaca dalam perjalanan pendidikan anak usia kita ke dalam budaya menghilang dari penduduk asli tanah air kita, Bangsa Pertama kami. Siapa yang akan berpikir bahwa kita bisa pernah memiliki pengalaman tangan pertama selama zaman modern? Salah satu harta bagi pengunjung untuk, dan dalam kasus saya warga dari, Oaxaca.

Silsilah Doña Mariana perjalanan untuk pengetahuan tanaman kuratif dan kegunaan dari temazcal dia diperoleh dari nenek Zapoteca nya, ditambah dengan tiga puluh tahun pelatihan dan pengalaman sebagai perawat di Oaxaca. Zapotec adalah salah satu dari 16 budaya asli masih berkembang saat ini di negara bagian Oaxaca. Ini adalah salah satu dari beberapa yang menghitung temazcal sebagai metode penting untuk penyembuhan melalui keringat dan jamu.

Berkeringat telah lama dikenal di banyak masyarakat sebagai terapi dan penyembuhan. Hippocrates pernah berkata: "Beri aku demam dan saya bisa menyembuhkan penyakit apapun." Hal ini diketahui mengeluarkan racun. Banyak agen virus dan bakteri tidak dapat bertahan hidup di jauh di atas suhu tubuh normal, sehingga ketika kita berkeringat kita benar-benar dapat membebaskan diri dari beberapa penyakit. Kelenjar endokrin yang penting dirangsang oleh kenaikan dalam suhu, dengan kotoran di banyak organ tubuh yang memerah keluar sebagai kapiler membesar dan hati meningkatkan kecepatan untuk bersaing dengan permintaan darah. Dan di mandi keringat di mana batu yang dipanaskan dan air dituangkan di atas mereka, kelimpahan ion negatif dilepaskan ke udara, memerangi kelelahan dan ketegangan. *

Doña Mariana menggunakan 15 tanaman dan rempah-rempah dalam perjalanan melakukan temazcal a. Eucalyptus, rosemary dan kemangi mendominasi. Alasan dari rumahnya yang apotek nya. Sebuah berjalan kaki dari pintu masuk ke pondok dan ruang pijat membawa kita melalui taman mengesankan semak-semak, pohon, tumbuh-tumbuhan dan rumput, dengan tanaman berbunga dan kupu-kupu yang paling mencolok. Seperti yang saya berjalan-jalan saya ingat Dorothy membangkitkan di Munchkinland dan membuka matanya untuk pertama kalinya.

Saya dan istri saya pernah jadi metodis diambil melalui langkah-langkah di muka, dengan penjelasan tentang apa yang diharapkan dalam hal kontrol suhu dan uap, penggunaan herbal harum dan cabang, dan apa yang akan mengikuti setelah keluar temazcal dalam persiapan untuk tahap pijat dari pengalaman. Penyembuh kami memberikan kita jaminan baik sebelum dan dalam perjalanan dari temazcal bahwa dia mengendalikan hati-hati tubuh dan pikiran kita, menenangkan kekhawatiran terbentuk sebelumnya atau stres yang mungkin hadapi sebagai tingkat suhu dan peningkatan uap.

Terbungkus selembar kapas, duduk dengan hanya pasangan Anda dan curandera, mata tertutup untuk kegelapan kecil, beratap rendah pondok jerami, kata tenang di Spanyol dan di lidah adat, nyanyian yang disengaja, serta lagu manis, sementara tubuh Anda sedang menepuk dan digosok dengan ranting berdaun. Lonjakan aroma herbal yang berbeda menyapu di depan Anda, mengingatkan gelombang panas dihadapi ketika perlahan mendayung menyusuri laguna tropis. "Qué salga el mal; qué entre el bien."

Kemudian di Spanyol, sementara mengambang menjadi masa lalu asli saya sekarang datang untuk lebih memahami dan menghargai, ketika sedang dibersihkan, yang menyambut relaksasi mengambil alih jiwa saya: ". Dalam nama ayah, anak dan roh kudus" Itu salah satu dari beberapa keganjilan di sini di Oaxaca, sebagai antara kebanggaan dalam, dan tradisi budaya yang sedang berlangsung dari penduduk asli, dan kemudian pengetahuan tentang kehancuran menumpuk rakyat oleh penaklukan, dan Gereja.

The Spanyol mencoba untuk menghancurkan tradisi temazcal karena hubungannya dengan penyembahan dewa. Itu bertahan, dengan sebagian besar aspek kemurnian tradisi utuh.

Kami memimpin dari pondok, berlutut, kebangkitan baru, dengan lembar kering segar menyelimuti sekitar kita seperti kita drop yang direndam, tanpa hambatan, asisten Doña Mariana yang pernah begitu perhatian saat ia mengarahkan kita untuk daerah pijat berdampingan dengan kasur di lantai, lembut, warna-warni petak tangan bordir kain merangkul dinding ... dan Yesus dan The Virgin mengawasi kita, focal point ruangan. Tidak perlu, meskipun, untuk dua sebelum kita, yang Doña Mariana sekarang dengan mampu pembantu dan tukang pijat nya, terus menjadi satu-satunya sumber kita kenyamanan, bimbingan dan jaminan.

Kemudian beberapa menit tenang dan tenang, tertelungkup, sendirian di ruang seperti itu seharusnya, dengan hanya pasangan hidup saya, terlahir kembali bersama-sama, musik relaksasi lembut dimulai. Kami beristirahat dalam keheningan, meskipun pikiran saya perlahan-lahan kembali ke praktis kehidupan. Akankah Zapoteca muda memijat kita masing-masing? Telah Doña Mariana selesai membawa kita ke titik tertentu dalam perjalanan, sekarang membalik kontrol untuk magang nya? Pengalaman telah mulai sekarang mengambil, jika tidak agak sebelumnya, dengan ketelanjangan sesaat di hadapan tiga wanita, arus bawah yang halus sensualitas yang sehat, setidaknya bagi saya, dan mungkin untuk pasangan saya. Tidak proses pemikiran yang satu biasanya mengakui, saya akan berpikir, tapi tidak peduli. Ini mungkin akan terus, dan membangun, jika tidak ada yang memasuki ruangan untuk satu jam. Dan itu akan membuat perbedaan jika saya adalah untuk dipijat oleh tukang pijat muda atau Doña Mariana. Saya akan sama-sama puas dan terpenuhi dengan dua puluh atau Oaxaquena berusia enam puluh tahun meletakkan tangannya di atas totalitas tubuh saya, seperti Doña Mariana telah meyakinkan, "dari ujung jari kaki Anda ke atas kepala Anda, Anda akan diberikan pijat penuh. "

Dan di samping satu sama lain, kita mengambil bagian dalam tahap akhir dari proses, masing-masing dari kita sedang memijat secara bersamaan, kelangsungan temazcal dalam bijaksana sebagai krim dan zat yang tidak diketahui yang digosok ke dalam tubuh kita, lagi memproduksi arus aroma yang alami, meskipun berbeda daripada sebelumnya.

Kedua wanita meninggalkan dalam beberapa saat satu sama lain. Ketika musik atas, tenang dan lengkap kembali ketenangan. Setelah sepuluh atau lima belas menit kami menopang diri kita dengan bantal, dan sebuah nampan dengan cangkir teh serai dan gelas mezcal ditempatkan sebelum kita.

"Qué salga el mal; qué entre el bien" ... setidaknya sampai besok, atau mungkin sampai saya memiliki kesempatan untuk mengalami pencarian visi.

* Dari Burchac, Joseph. "The Native American Keringat Lodge / Sejarah dan Legends." Kebebasan, CA: Crossing Press, 1993.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar